Sabtu, 13 Desember 2008

the GazettE - LEECH


Ohayyo Minna-san.............

the GazettE is back with their new single,LEECH!!
Setelah mendownload single ini dan mendengarkan ketiga buah lagu yang ada di dalamnya, hasilnya, WOW! THIS IS SINGLE IS FUCKING GREAT! AWESOME!!! Mungkin bisa menjadi the best single of the year nih! Single ini di dalamnya tidak ada satu buah tembang-pun yang memainkan musik agak lambat atau nge-pop. Seperti kebiasaan the Gazette di dalam single-singlenya, biasanya selalu menyediakan satu buah lagu yang agak mellow/slow. Ini tidak, ketiga-tiganya nge-rock abis! Jadi apabila kalian masih belum puas dengan tembang LEECH, maka dua B-side tracks-nya bisa memuaskan dahaga kalian.

Sebelumnya, sekilas profile the GazettE. Band yang terbentuk sejak tahun 2002 ini di dalamnya berisikan lima orang personil. Mereka adalah Ruki [eks Mikoto, eks Ma'die Kusse, eks L'ie:Chris, eks Kar+te=zyAnose] pada posisi vokal, Uruha [eks Karasu, eks Ma'die Kusse, eks L'ie:Chris, eks Kar+te=zyAnose] pada posisi gitar, Aoi [eks Arita] yang juga memainkan gitar, Reita [eks Mervilles, eks Karasu, eks Ma'die Kusse, eks L'ie:Chris, eks Kar+te=zyAnose] memegang alat bass dan terakhir Kai [eks MareyditCreia] yang menggawangi posisi drum. Warna musik yang dimainkan the GazettE bisa dikatakan rock. Namun hal itu bisa dikembangkan dengan lebih luas, seperti menambah warna musik seperti pop, jazz, hip hop, hard-rock bahkan metal. Yup, warna musik the GazettE memang mempunyai ruang lingkup yang cukup luas. the GazettE merupakan salah satu band yang berada di bawah payung perusahaan PS COMPANY. Penyanyi dan band lain yang juga tergabung dalam perusahaan tersebut diantaranya seperti Kagrra, alice nine., miyavi, SCREW, SuG, dll.

Alright, langsung saja aku mulai reviewnya dengan sebuah tembang pertama, tembang unggulan dari single kali ini, apalagi kalau bukan LEECH [04:12]. Tidak perlu diragukan lagi, GREAT SONG! LEECH sudah pasti akan menjadi salah satu lagu masterpiece-nya the Gazette yang bakal tetap dikenang sampai 5 tahun ke depan. Lihat saja nanti. Lagunya memang benar-benar mengguncang ala bom dengan tingkat daya ledak yang sangat dashyat. Sangat aggressive! Lagu ini memang secara sekilas mengingatkan kita akan lagu HYENA yang bisa dijumpai dalam album STACKED RUBBISH itu. Walaupun menampilkan alur musik yang rada cadas, seperti sudah menjadi trademark the GazettE, lagu ini dilengkapi dengan backing vocal cewek yang tentunya memberi sedikit kesan manism grooving serta sentuhan feminim, layaknya lagu FILTH IN THE BEAUTY. Riff-riff gitar yang dimainkan Uruha dan Aoi cukup memanjakan pendengarnya untuk menggoyangkan badan. Bahkan pada durasi 02:03, dengan alunan interlude riffs guitar yang semi trash-metal memberikan kesempatan dan atmosfir kepada pendengar untuk melakukan ritual head-banging. Ruki menjalankan tugasnya dengan apik. The verses is good, the bridge is enjoyable and the chorus is catchy! No more comments. Apalagi mengingat aksi high-pitched-scream-nya diakhir lagu. MANTAP! Let's send a gallows into the scene which you hope for....

Selesai LEECH, beralih kemudian pada sebuah tembang B-side berjudul DISTORTED DAYTIME [03:51]. Hell yeah, DISTORTED DAYTIME menjadi salah satu lagu B-side TERBAIK miliknya the GazettE. Kali ini temponya sedikit diperlambat, namun kental dengan unsur hard-rock dengan permainan riffs guitar yang berat, nyaring serta meraung-raung. Menyimak permainan gitar dari Uruha pada intro lagu, tentunya mampu menaikkan adrenalin pendengar supaya intense yang ada tetap terjaga. Performa Ruki di lagu ini sungguh luar biasa! Ruki beraksi dengan berbagai gaya vokal yang dia miliki. Mulai dari bagian verses yang bernyanyi secara normal-voice sampai dengan vokal berat-nya yang rada kasar itu pada bagian pre-chorus. Melodic-chorus yang dihasilkan Ruki juga terasa oke. Walaupun menampilkan riff-riff gitar yang berat serta rumit, the GazettE memasukkan unsur-unsur melodi melalui permainan instrumen-nya. Jujur saja, aku pasti akan merasa heran jika lagu ini tidak dimasukkan ke dalam album terbarunya kelak! As usually, agak susah mendengarkan lirik Engrish yang dibawakan Ruki ini....

And the other B-side track is HOLE [03:13]. Hanya bisa ditemui dalam single LEECH versi Auditory Impression. Sedangkan untuk versi Optical Impression hanya dijumpai dua lagu di atas tadi saja plus sebuah DVD PV LEECH. Track ketiga dari single ini, tetap kembali menampilkan musik yang rada aggressive! Bahkan kali ini lebih terasa berat! Pada bagian awal verses, memang terasa agak sedikit datar. Namun, hal itu hanya terjadi sebentar saja. Sebab untuk seterusnya, the GazettE kembali ke jalur sebagaimana-mestinya. Another nice B-side tracks by the GazettE. Aku suka dengan tabuhan drum Kai di lagu ini, dimana ketukan-ketukannya sangat matching dengan betotan driving-bass-line-nya Reita yang tampil mempesona! Kali ini, lirik chorus dibawakan dengan menggunakan bahasa Jepang. Hasilnya, tentu saja lebih terasa dashyat-nya. Ruki is great!

Ouh, tidak perlu diragukan lagi, LEECH yang merupakan single ke-17 miliknya the Gazette ini menjadi sebuah single yang SANGAT SANGAT SANGAT LAYAK UNTUK DISIMAK. Sungguh rugi besar jika melewatkan barang yang satu ini. Buat orang-orang yang anti terhadap the GazettE, in the name of Satan, bersiaplah, mendengarkan single ini dijamin membuat mulut kalian menganga lebar saking takjubnya!!!

Tidak ada komentar: