Jumat, 31 Oktober 2008

Kagrra - CORE


Pada awal tahun 2008,Kagrra,merilis album keempat mereka yang bertajuk CORE.Ini merupakan album yang sangat ditunggu-tunggu oleh fans Kagrra,setelah hampir genap satu tahun lalu mereka merilis album Shizuku.Memang sebagian fans berargumen kalau CORE tidak lebih baik dari Shizuku, namun tak dapat disangkal kalau CORE lebih sukses dan jelas merupakan album yang lebih berisi dan variatif. Dibuka dengan Irodori no Sanka,balada rock indah ala kagrra [mengingatkan pada single Utakata] dan sebuah kejutan bagi kita karena vokal Isshi kini lebih mantap dan dewasa.Hasilnya,lagu ini tidak hanya enak didengar namun juga penuh perasaan.

Irodori diikiti dengan Ujyou,sebuah lagu yang lebih mengetengahkan musik ketimbang vokal,tapi track singkat berdurasi 2:41 ini sungguh impresif berkat permainan gitar Akira.Shigatsu Tsuitachi merupakan track bergaya pop yang secara mengejutkan dibawakan denganapik oleh sebuah band rock neo-japanesque.Inilah pertama kalinya Kagrra memberi judul bahas inggris kepada lagunya,yaitu GUILTY. Lagu ini dibwakan dengan bersemangat dan sedikit agresif,memang kurang bergaya jepang tapi bukan berarti lagu ini jelek.

Berikutnya adalah Boukyaku no Hate Kogoeta Kodoku yang cukup baik namun cenderung membosankan, apalgi vokal Isshi di lagu ini terdengar biasa-biasa saja.Dalam CORE terdapat lagu aneh berjudul Sai.Lagu ini boleh dibilang diluar kebiasaan Kagrra,yag biasanya tampil menarik dan adiktif. Sai merupakan lagu yang akan membuat kita ber-headbanging mengikuti irama.Menuju track ke-7 album ini,kita disuguhi sebuah lagu berjudul Kaze o Kioku, yang lembut sekaligus bertempo cepat.Jika kita menyimak Kamikaze,maka kita akan berpikir lagu ini mungkin dinyanyikan oleh thE GazettE.

Dua lagu terakhir adalah Yuki Koi Uta dan Hyakkiyakou.Yuki Koi Uta berdurasi sekitar 5 menit dan sepenuhnya berisi lagu yang dinyanikan dengan kualitas vokal terbaik dari Isshi dengan bagian terbaik pada chorus-nya.

Lagu penutup adalah Hyakkiyakou dalam versi baru.Lagu ini adalah demo awal Kagrra,dan bagi yang nggak suka versi lamanya kemungkinan besar akan berubah pikiran dan menyukai versi barunya.

Terlepas dari opini negatif fans tentang CORE,album ini tetap pantas disebut sebagai karya terbaik Kagrra.Dan yang terpenting,CORE adalah bukti nyata kualitas Kagrra sebagai sebuah band yang kompetitif.

Tidak ada komentar: