Jumat, 31 Oktober 2008

Nightmare - Lost in Blue


Tanggal 17 September 2008 kemarin, Nightmare kembali lagi hadir dengan rilisan karya terbarunya berupa sebuah single yang diberi judul Lost in Blue. Ini merupakan single pertama Nightmare setelah di bulan Mei 2008 lalu melemparkan full albumnya bertajuk Killer Show. Secara total, single ini di dalamnya hanya berisikan dua buah lagu saja. Yaitu the song title Lost in Blue dan Kaikou Catharsis. Lost in Blue dirilis dalam tiga bentuk varian. Dua varian secara masing-masing di dalambya terdapat PV lagu untuk lagu Lost in Blue dan Kaikou Catharsis. Sedangkan varian sisanya merupakan edisi reguler, dimana hanya berupa CD audio saja.

Sekilas profile dari Nightmare. Band yang aktif sejak tahun 2001 dan totally addict X JAPAN dan LUNA SEA ini terdiri dari lima orang personil. Mereka adalah Yomi yang kharismatik pada posisi vokal, Hitsugi dan Sakito memegang alat gitar, Ni~Ya bermain bass dan terakhir Ruka yang tentunya sebagai drummer. Warna musik yang ditawarkan oleh Nightmare secara umum bisa dikatakan rock. Namun tidak jarang, Nightmare menampilkan alur heavy rock ke dalam beberapa buah lagunya, dengan permainan ritme musik yang sedikit rumit. Bahkan, Nightmare mampu memasukkan unsur jazz ke dalam warna musik mereka itu sendiri. Hingga terdengar makin variatif....

Well, langsung saja kita simak single ini dengan tembang pertama, yaitu Lost in Blue [04:16]. Yosh, tipikal lagu-lagunya Nightmare, intro-nya memang sangat kelihatan sekali dengan ciri khas band asal kota Sendai ini. Memang, secara sekilas lagu ini mirip sekali dengan lagu Raison d'etre. Tapi, lagu ini tetap asyik kok untuk disimak. Dimulai dari permainan drum Ruka yang cukup bermain aktif di sini dengan floor tom dan toms-nya. Tempo lagu sedikit nge-beat, dengan aksi ritem-ritem gitar yang bermelodi, apalagi di sepanjang lagu alunan-alunan musik layaknya orchsetra turut memperindah lagu ini. Performance vokal Yomi rasanya tidak pernah dikomentari lagi. Good verses and nice chorus.

Dilanjutkan kemudian dengan lagu Kaikou Catharsis [05:00]. Nice intro, btw! Tidak jauh beda memang dengan Lost in Blue. Lagu ini juga oke banget untuk dijajal. Hanya di sini permainan instrumen musiknya sedikit lebih kompleks, plus tambahan ornamen-ornamen lainnya. Verses-nya oke. Chorusnya, hmmm, well, walaupun sudah sering mendengarkan chorus seperti ini pada lagu-lagu Nightmare lainnya but it's fine for me. Interlude-nya juga terdengar catchy. Dan solo gitar yang dimainkan oleh Hitsugi tentunya menambah daya tarik lagu ini. Termasuk pada solo gitar outro-nya. Entah kenapa, menurutku lagu ini memang sedikit kental dengan nuansa Kagrra,-nya. Hehe....

Yah, walaupun terasa agak standar, lebih lembut dan juga sangat tipikal lagu-lagunya Nightmare, aku suka kok dengan kedua buah track yang ada di dalam single ini. Semoga saja pada rilisan single berikutnya, Nightmare bisa memberikan sebuah lagu yang sangat ditunggu-tunggu oleh fansnya, yaitu sebuah lagu yang nge-rock bahkan kalo perlu aggressive. Udah kangen nih!

That's it. Overall single ini aku kasih 4/5 bintang. Semoga berkenan....

Tidak ada komentar: